Teruslah Tumbuh atau Anda Mulai Mati

Teruslah Tumbuh atau Anda Mulai Mati
Di alam, ada sebuah hukum universal yang menyatakan bahwa agar sesuatu dapat bertahan, ia harus terus menerus berubah dan berkembang. Saat dimana ia berhenti tumbuh, itu adalah saat ia mulai hancur dan sekarat.

Di hutan hujan, pohon pohon harus terus tumbuh untuk mendapatkan sinar matahari agar dapat selamat. Ketika sebuah tunas tidak tumbuh cukup cepat, tanaman lain di dekatnya yang lebih cepat tumbuh akan menghalangi sinar mataharinya. Tanpa sinar matahari, cuma soal waktu saja sebelum tanaman itu mati.

Hukum universal ini juga berlaku dalam dunia bisnis, keuangan, politik, dan relasi saat ini. Ia berlaku pada negara-negara, perusahaan-perusahaan, dan individu-individu seperti Anda san saya. Saat sesuatu itu mulai terlalu lama tetap seperti apa adanya, ia tidak akan bertahan lama.

Sebelum tahun 1970-an, Swiss adalah pemimpin pasar dunia dalam hal produksi jam. Ia menjual 50% jam di dunia. Hari ini pangsa pasarnya telah jatuh menjadi kurang dari 3%. Apa yang terjadi? penemuan jam digital (quartz) lah yang menghancurkan hampir semua industri jam di Swiss.

Ironisnya, sebenarnya seorang insinyur Swiss-lah yang menemukan jam digital. Ia menyampaikan ide itu kepada perusahaannya, menjelaskan kalau dia telah menemukan sebuah jam revolusioner yang menampilkan waktu secara digital (dengan angka-angka) dan tidak perlu diputar. Namun, bosnya mencemoohnya sambil berkata, "Tidak ada yang mau membeli sebuah jam yang tidak memiliki jarum penunjuk waktu. Itu adalah sebuah ide yang bodoh." Orang Swiss itu sangat yakin bahwa tidak ada yang akan membeli jam baru itu sehingga mereka menyingkirkannya, bahkan tidak mau repot repot mematenkan ide tersebut.

Beberapa tahun kemudian, orang jepang (Seiko) dan Amerika (Texas Instruments) menemukan penemuan yang belum dipatenkan ini, meniru idenya, dan memutuskan untuk memproduksinya secara massal. Jam digital menjadi barang laris di seluruh dunia! Hasilnya, penjualan jam dari Jepang dan Amerika naik sementara industri jam di Swiss kehilangan jutaan dolar dalam pekerjaan. Pelajaran disini sangat jelas. Jika kita berpegang pada keyakinan yang membatasi kita bahwa sesuatu itu harus dilakukan dengan cara tertentu, dan kita menjadi keras kepala, berpuas diri, dan enggan berubah, kita akan segera kehilangan semua yang kita miliki.

Winning The Game of Life, Adam Khoo
Teruslah Tumbuh, #SemangatPagi

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Teruslah Tumbuh atau Anda Mulai Mati"

Posting Komentar