3 Keterampilan Komunikasi Pemimpin Hebat

0 64

Stehen R. Covey dalam bukunya the 7 Habits Highly Effective People mengatakan bahwa komunikasi merupakan keterampilan paling penting dalam kehidupan. Kita mengahabiskan sebagian besar waktu kita untuk berkomunikasi. Kita mungkin sepakat bahwa betapapun berbakatnya seseorang, betapapun bagusnya sebuah ide dan betapapun unggulnya sebuah produk yang Anda miliki tidak akan berarti jika Anda tidak mampu mengkomunikasikannya dengan baik.

Siapapun Anda, apapun profesi dan jabatan yang Anda miliki keterampilan komunikasi yang baik wajib Anda miliki. Keterampilan komunikasi merupakan keterampilan hidup yang harus dikuasai oleh siapapun yang ingin meraih kesuksesan. Bagi seorang pemimpin, komunikasi adalah alat untuk membangun ikatan yang kuat dengan orang-orang yang dipimpinnya, memberikan inspirasi, dan meningkatkan motivasi bukan hanya untuk menyampaikan informasi. Komunikasi sangat penting untuk membangun keselarsan gerak tim dan melaksanakan strategi.

Para pemimpin besar memberikan motivasi, dorongan, dan inspirasi. Mereka juga melatih orang, berbagi ide baru dan bernegosiasi. Semua Kegiatan ini memiliki satu kesamaan, semuanya membutuhkan kemampuan komunikasi yang baik. Berikut ini ada tiga keterampilan komunikasi yang dapat Anda praktekkan untuk membangun atau mengembangkan keterampilan komunikasi Anda, yaitu:

1. Keterampilan mendengarkan aktif (Active Listening)

keterampilan active listeningPemimpin yang efektif adalah pendengar yang baik. S.R Levine & M.A. Crom dalam buku The Leader in You: How to Win Friends, Influence People, And Succeed in A Changing World menulis bahwa keterampilan “mendengarkan” adalah keterampilan yang paling penting dari semua keterampilan berkomunikasi yang ada. Tuhan memberikan kita dua buah telinga, namun hanya satu lidah, ini merupakan petunjuk bahwa kita harus lebih banyak mendengarkan daripada berbicara.

Mendengarkan merupakan salah satu karakteristik pemimpin yang melayani. Mendengarkan merupakan metode untuk menerima pesan, dengan itu kita akan memperoleh cukup informasi untuk membuat keputusan. Dengan menjadi pendengar yang baik kita akan memperoleh pemahaman atas pesan-pesan yang dikomunikasikan kepada kita oleh lawan bicara kita. Dengan mendengarkan secara aktif kita akan mendapatkan respek dan disukai oleh orang orang yang kita pimpin. “The most basic of all human needs is the need to understand and be understood. The best way to understand people is to listen to them”. Ralph Nichols

2. Keterampilan Komunikasi Verbal dan non Verbal

kkomunikasi verbal dan nonverbalKomunikasi verbal adalah komunikasi yang disampaikan dengan cara tertulis atau lisan. Komunikasi verbal menempati porsi yang besar dalam komunikasi karena pada kenyataannya ide, pemikiran atau keputusan disampaikan secara verbal. Komunikasi non verbal adalah komunikasi yang disampaikan dengan menggunakan bahasa tubuh atau body language.

Bentuk komunikasi non verbal di antaranya adalah bahasa isyarat, ekspresi wajah, symbol, penampilan, warna dan intonasi suara. Komunikasi non verbal memberikan pengaruh yang sangat kuat terhadap komunikasi verbal Anda. Orang akan mengetahui apakah anda peduli, berempati, berbohong, atau respek hanya dengan melihat bahasa tubuh (body language) Anda. Untuk mencapai tujuan komunikasi yang positif pastikan kata kata dan bahasa tubuh Anda selaras dan positif.

3. Keterampilan Bertanya

keterampilan bertanyaMenurut Marshal Goldsmith, seorang ahli di bidang kepemimpinan dan manajemen asal Amerika Serikat,pemimpin yang efektif adalah seseorang yang konsisten mengajukan pertanyaan untuk mendapatkan umpan balik dan meminta timnya menemukan ide ide baru. Seorang pemimpin perlu senantiasa menstimulasi timnya untuk mendapatkan ide, pendapat, dan saran yang berarti. Ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh seorang pemimpin, mulai dari survey kepuasan karyawan,kontak telpon, email, dan tentunya dialog tatap muka.

Mulailah menahan diri agar tidak selalu memberikan jawaban. Sebaliknya biasakan mengajukan pertanyaan pertanyaan terbuka untuk membantu anggota tim agar mampu mengatikulasikan tujuan mereka dan menantang mereka menemukan solusinya sendiri. Dengan demikian, Anda bukan lagi sebagai seorang yang dominan, tetapi lebih menjadi pemimpin yang dekat dan dapat diajak bicara, serta mengatalisasi anggota tim untuk selalu berkembang.

Tiga keterampilan komunikasi tersebut wajib Anda dimiliki, jika Anda belum memilikinya atau menguasainya dengan baik tak usah berkecil hati, cukup luangkan waktu setiap hari untuk belajar, membaca, dan berlatih keterampilan komunikasi tersebut. Dengan terus berlatih Anda pasti akan menguasainya dengan baik.

Terimakasih telah membaca artikel ini sampai selesai, jika Ada pertanyaan atau masukan terkait artikel ini silahkan Anda tuliskan di kolom komentar yang tersedia di bagian bawah artikel ini. Semoga bermanfaat

Leave A Reply

Your email address will not be published.