Gaji Kecil Bukan Alasan Kinerja dan Performa Buruk

0 81

Kinerja yang buruk adalah akibat dari mentalitas yang buruk bukan karena gaji kecil. Sekalipun gaji ditingkatkan berpuluh kali lipat kalau mentalitasnya tidak berubah tidak aka nada pengaruhnya. Gaji yang rendah sering dijadikan alas an untuk bekerja seenaknya, tapi saya berani katakana ini adalah omong kosong.

Kita lihat banyak pegawai rendah atau buruh pabrik dengan gaji lebih kecil bisa bekerja lebih keras, dating tepat waktu dan hanya istirahat di waktu istirahat. Banyak pegawai yang sudah punya jabatan tinggi dan gaji memadai tidak menunjukkan kinerja yang luar biasa. Bahkan masih tetap korupsi.

Sejak melamar kerja, kita sudah tahu apa pekerjaan kita dan berapa gajinya, jadi kalau kita terima harus sesuai komitmen. Jadi, dedikasi muncul bukan karena gaji tetapi karena tanggungjawab, ketika orang menerima pekerjaan dengan gaji rendah maka dia harus tetap konsekuen menjalankan tugasnya.

“Barangsiapa di antara kalian yang kami tugaskan untuk suatu pekerjaan (urusan), lalu dia menyembunyikan dari kami sebatang jarum atau lebih dari itu, maka itu adalah ghulul (harta korupsi) yang akan dibawa pada hari kiamat.” Hadist

“It’s not your salary that makes you rich,
it’s your spending habits.”
Bukan gaji yang membuatmu kaya
tetapi pola kebiasaan kamu memanfaatkan uang.
Charles A. Jaffe

Artikel ini diambil dari buku NO EXCUSE! Yang ditulis oleh Isa Alamsyah

Leave A Reply

Your email address will not be published.