Membangun Team Yang Hebat

0 63

Team yang hebat adalah team yang bisa mencapai target yang diberikan dengan proses yang berkualitas. Untuk membangun team yang hebat seorang pemimpin harus mampu mengeluarkan potensi terbaik dari setiap anggota teamnya. Potensi terbaik masing masing Anggota team akan muncul jika pemimpin mampu membangkitkan motivasi serta menumbuhkan semangat juang anggota untuk memberikan kontribusi terbaik dalam mewujudkan target target yang telah ditetapkan.

Motivasi dan semangat juang anggota akan tumbuh jika mereka merasa terlibat, memiliki, dan tahu dengan jelas apa yang ingin dicapai, manfaat apa yang akan mereka dapatkan jika mereka berhasil mencapainya, serta konsekuensi yang akan terjadi jika mereka gagal meraihnya. Motivasi yang teambul dari anggota team haruslah tumbuh dari kesadaran pribadinya (motivasi Internal), motivasi yang timbul dari kesadaran pribadi ini memiliki daya dorong yang lebih kuat dan hebat dibanding motivasi yang berasal dari luar dirinya (motivasi eksternal).

Setidaknya ada 3 hal yang dapat dilakukan seorang pemimpin untuk menciptakan lingkungan yang mendukung bagi terbentuknya team yang hebat dan memiliki motivasi tinggi, yaitu dengan menumbuhkan : inovasi, kolaborasi, dan komunikasi yang efektif.

Pertama, Tumbuhkan Budaya Inovasi. Berikan ruang yang terbuka bagi setiap anggota team untuk menyampaikan gagasan baru atau ide ide kreatif dalam rangka mencapai target yang telah ditetapkan, dorong mereka untuk keluar dari cara lama dan menemukan cara cara baru yang dapat dilakukan. Hargailah setiap gagasan baru yang muncul. Ingat kata Albert Einstein, “hanya orang gila yang ingin mendapatkan hasil yang berbeda tapi tetap menggunakan cara lama”. Selanjutnya dukunglah team Anda untuk melaksanakan cara cara baru yang mereka putuskan. Hal ini akan menumbuhkan suasana terbuka, rasa memiliki, dan percaya diri.

Kedua, Bangun Kolaborasi. Pastikan setiap anggota team bekerjasama, saling bantu, saling menguatkan dengan potensi dan kelebihannya masing masing. Dengan demikian akan tercipta sinergi dan ikatan hati yang kuat diantara anggota, tumbuhkan kesadaran bahwa setiap anggota team ibarat satu tubuh yang punya peran masing masing tapi merupakan satu kesatuan yang utuh. Kolaborasi adalah kekuatan yang ampuh untuk menaklukan segala tantangan yang dihadapi oleh team

Ketiga, Komunikasi yang efektif. Komunikasi sangat penting untuk membangun team yang kuat. Para pemimpin besar memberikan motivasi, dorongan, dan inspirasi. Mereka juga melatih orang, berbagi ide baru dan bernegosiasi. Semua Kegiatan tersebut memiliki satu kesamaan, yaitu untuk melakukannya membutuhkan adanya komunikasi yang baik. Terbukalah dengan team Anda dan jadilah pendangar yang baik, mendengarkan merupakan salah satu keterampilan sangat penting yang harus Anda asah, keterampilan ini akan menguatkan soliditas team Anda. Baca juga: Teknik Mendengarkan Aktif dalam Komunikasi dan 3 Keterampilan Komunikasi Pemimpin Hebat

Ketiga hal ini, inovasi, kolaborasi, dan komunikasi yang efektif harus terus ditumbuh kembangkan untuk menciptakan lingkungan yang mendukung bagi terbentuknya team yang hebat dan memiliki motivasi tinggi. Kondisi ini akan melahirkan leader leader yang siap menjadi penggerak dan berkinerja tinggi. Demikian, semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.