Setiap Anak Terlahir Cerdas dan Memiliki Potensi Menjadi Genius

0 127

Yakinlah bahwa setiap orang itu terlahir cerdas, jenius. Tidak ada yang namanya bodoh turunan. Hanya kecerdasan setiap orang memang berbeda-beda. Di beberapa sekolah, mungkin kamu hanya bisa mendapatkan bahwa orang yang cerdas itu yang nilai akademisnya bagus. Matematika, Fisika, Kimia nya bagus. Sementara yang hebat dalam bidang Olah Raga, Seni, atau keagamaan, misalnya, mereka gak dibilang cerdas. Ini gak adil. Dan ini salah besar.

Seseorang gak bisa jadi juara dalam bidang olah raga kalau dia gak punya kecerdasan fisik. Seseorang gak bisa jadi juara dalam bidang seni kalau dia gak punya kecerdasan merasa atau kreatif. Seseorang gak bisa jadi juara pidato kalau dia gak punya kecerdasan berbicara.

Menurut kamu antara Prof. B J Habibie, dan Sule, lebih cerdas mana? Pasti bakal banyak yang menjawab Habibie lebih cerdas. Padahal, kedua-duanya sama-sama cerdas. Habibie memang cerdas dalam hal bikin pesawat terbang, sementara Sule jelas gak bisa bikin pesawat terbang, kecuali dari kertas, mungkin dia bisa. Tapi…. Coba bayangkan seandainya Habibie jadi pemain utama dalam acara OVJ di TV? Mati kutu! Habibie pasti gak bisa selucu Sule, dan pasti acaranya pun akan sangat membosankan.

So, Habibie cerdas dalam satu bidang, dan Sule pun cerdas dalam bidang lain. Kedua-duanya sama-sama cerdas.

Jadi, kalau kamu mendapati kenyataan bahwa hasil Tes IQ kamu “Jongkok”, jangan kecewa, bro! itu bukan akhir dunia. Tes IQ hanya menilai kecerdasan dalam satu sisi saja, yaitu kecerdasan otak kiri (logika, analitis, detil. Dll). Sementara jika kamu diciptakan oleh Allah memiliki kecerdasan yang dominan di otak kanan (kreatifitas, seni, inovasi, emosi, dll), maka pasti hasil Tes IQ nya gak bagus. Dan itu bukan aib. Biasa aja.

Sekali lagi, semua manusia itu cerdas, hanya bidangnya saja yang berbeda. Yang membuat seseorang menjadi bodoh, adalah, karena kecerdasan yang dia miliki tidak dikeluarkan, tidak dipakai, dan akhirnya berkarat. Bukan karena terlahir bodoh.

Achmad Faisal

Leave A Reply

Your email address will not be published.