Training Capacity Building Bagi Pengelola, Kader BKB dan PLKB BKKBN Lampung

0 237

Keberadaan suatu organisasi sangat didukung adanya tiga pilar utama agar dapat berjalan dengan baik. Tiga pilar itu terdiri dari keberadaan SDM yang baik, sistem penataan organisasi yang baik, serta proses bisnis yang biasanya dianggap sebagai target capaian organisasi dalam visi-misi.

Aspek Sumber Daya Manusia (SDM) baik dari sisi kuantitas maupun kualitas dapat dilihat dari sisi knowledge, skill, dan attitude. Dari sini tentu dapat difahami bahwa capacity building adalah proses meningkatkankemampuan pengetahuan dan keterampilan, serta sikap dan perilaku.

teambuildingHarus disadari bahwa berkembang tidaknya suatu organisasi sangat dipengaruhi adanya kepedulian dan kualitas SDM dalam menggerakkan organisasi. Dengan demikian, proses peningkatan kapasitas (capacity building) dan pembangunan karakter (caracter building) SDM menjadi hal yang mutlak dilakukan.

Dalam proses peningkatan kapasitas tentu dapat dilakukan dengan beragam cara, baik melalui pendidikan dan pelatihan (Diklat) berbasis kompetensi, pembinaan pola karir yang jelas, tugas belajar, dan outbond atau pola permainan, yang kesemuanya itu untuk meningkatkan performa SDM organisasi dalam menjalankan tugasnya. Oleh karenanya, pengembangan kapasitas sangat terkait dengan kemampuan SDM, kemampuan institusi, dan kemampuan sistem organisasi.

Dalam rangka peningkatan kapasitas (Capacity Building) Sumber Daya Manusia, BKKBN Provinsi Lampung bekerjasama dengan tim trainer TRUSTCO Bina Nusantara menyelenggarakan agenda Training Capacity Building bagi pengelola, kader BKB dan PLKB di lingkungan BKKBN provinsi lampung, 3-5 Agustus 2017 di Tanjung Putus, Lampung.

Leave A Reply

Your email address will not be published.